UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
Terkait adanya Kuliah Kerja Nyata (KKN)
adalah salah satu kegiatan perkuliahan yang menuntut mahasiswa untuk
mengaplikasikan teori-teori yang dimilikinya ke dalam wujud nyata di dalam
masyarakat. Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga merupakan bentuk konkrit dari
pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang di dalamnya mencakup bidang
pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Dengan kegiatan ini,
mahasiswa diharapkan dapat menerapkan disiplin ilmu yang dipelajarinya ke dalam
bentuk pengabdian dan pendampingan langsung kepada masyarakat serta sebagai
pengembangan ilmu dan pengalaman yang didapat sebelumnya. Selain itu, Kuliah
Kerja Nyata (KKN) juga dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam
menganalisis dan memecahkan masalah-masalah yang terjadi di dalam masyarakat
yang sekaligus sebagai media untuk belajar membangun hubungan baik dalam suatu
komunitas masyarakat.
Kuliah
Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian
kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.
Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan
bertempat di daerah setingkat desa.
Mahasiswa UMSIDA sebagai salah satu eksponen pembaharuan bangsa dan pembangunan
baru misi intelektual kewajiban dan bertanggung jawab mengembangkan komitmen
keislaman,dan berperan aktif dalam meningkatkankapasitas dan kualitas sumber
daya manusia Khususnya di lingkungakan Tujuan KKN Desa Kutogirang kec. Ngoro Kab. Mojokerto.
Program KKN pengembangan
Tematik
Alternatif adalah kuliah kerja nyata yang orientasi program
kegiatanya terfokus pada bidang tertentu sesuai dengan permasalahan
kemasayarakatan dan arah kebijakan pembangunan yang diselenggarakan. KKN
Tematik berbasis Problem Solving untuk memecahkan masalah dengan tema tertentu
sehingga kegiatan mahasiswa terfokus untuk mengatasi masalah terentu dan untuk
mencapai target tertentu.
Dalam meningkatkan
kualitas kehidupan masyarakat kinerja yang harus diupayakan secara
berkesinambungan, yaitu dengan menerapkan berbagai model dan corak pembangunan.
Oleh karena itu, baik
secara kelompok maupun individual, dalam KKN ini sudah
pasti mahasiswa
mengamati dengan cermat apa yang menjadi permasalahan dan potensi yang dimiliki
masyarakat dengan melakukan survey pada setiap sektor kehidupan bermasyarakat.
Terletak di Kutogirang, Ngoro.
Secara keseluruhan lingkungan
pada daerah Kutogirang sangat luas. Potensi yang kami dapat untuk
program KKN Tematik Alternatif ini adalah memberikan
penyuluhan pendidikan ke sekolah – sekolah yang ada disekitar Kutogirang
serta memberikan edukasi
tentang pengolahan sampah.
Oleh
karena itu, dilihat dari realita desa yang sudah kita survey, begitu banyak
potensi yang bisa digalih, dikembangkan dan juga perlu dilestarikan dengan
program program yang dibentuk oleh tim KKN Non Kerja. Program-program yang akan
dilakukuan oleh tim KKN Non Kerja sangat bisa membantu masyarakat untuk
membentuk desa yang
ideal. Program ini dititikberatkan pada 2 Jenis pengembangan, yakni
Pengembangan Lingkungan dan pendidikan. Tahap-tahap yang akan
dilakukan adalah:
- Mengkordinasi
para perangkat desa dalam
hal pendataan
- Membentuk
tim dengan divisi dan job description
yang jelas
- Membuat
jadwal atau rundown agar bisa lebih spesifik
- Eksekusi
- Monitoring
- Evaluasi
PEMBERANGKATAN PESERTA KKN 2018
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH
KOORDINASI PERANGKAT KECAMATAN
A. SEREMONIAL KECAMATAN NGORO
SERAH TERIMA SIMBOLIS KKN
DO'A BERSAMA PEMBUKAAN KKN
KOORDINASI PERANGKAT DESA
B. SEREMONIAL DESA KUTOGIRANG
PENYAMPAIAN ASPIRASI ANGGOTA KKN 2018
SAMBUTAN DAN PENERIMAAN KKN-P 2018
KEPALA DESA (KUTO GIRANG)
SILATURAHMI DENGAN WARGA DESA
EKSEKUSI KOMPOSTER DI LINGKUNGAN
EVALUASI PROGRAM KERJA TIM KKN KUTOGIRANG
SMAN 1 NGORO
SAMA NEGERI 1 Ngoro sebagai sebuah UPT yang telah berdiri sejak Juli 1999 berdasarkan SK Menteri pendidikan dan kebudayaan RI Nomor : 291/0/1999 tentang pembukaan dan penegerian sekolah tahun 1998/1999 merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada di kawasan desa kutogirang kecamatan Ngoro kabupaten mojokerto.dimana keberadaannya diharapkan dapat turut serta secara aktif mempersiapkan para peserta didik untuk melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi (ke perguruan tinggi) dan mempersiapkan para peserta didik untuk memasuki ke dunia kerja bagi siswa yang tidak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar